Opini : Perawatan Apakah Penting?

Hallo! Gimana kabar? Semoga selalu baik yaa ^^

Kali ini, opini yang akan aku tulis adalah terkait dengan perawatan. Aku mengangkat tema ini karena aku melihat masih banyak para wanita dan para pria yang gak melakukan perawatan dan menerima dirinya yang gitu-gitu aja. Sebenernya terserah juga sih mau perawatan apa enggak, tapi ya kalau bisa menjadi lebih baik dengan perawatan, kenapa gak dilakukan? Sebenernya perawatan itu penting gak sih?Siapa disini yang masih suka menyepelekan perawatan untuk diri sendiri? Angkat tangaaaan~ Aku juga! Tapi itu dulu. Waktu aku  masih remaja berumur 13 hingga 18 tahun. Selama itu aku tidak pernah melakukan yang namanya perawatan kulit tubuh maupun kulit wajah. Kalau mau berangkat ke sekolah biasanya cuma mandi biasa dan cuci muka biasa pake facial wash. Setelah mandi juga kadang pakai deodorant, kadang gak pakai. Keseringan langsung semprot parfum sebanyak-banyaknya biar wangi seharian waktu di sekolah. Aku gak pernah yang namanya pakai pelembab buat muka, gak pakai body lotion, gak pakai sunscreen, gak pakai bedak, apalagi lipgloss. Kalau dibilang Im an ordinary girl, itu bener banget. Terlalu biasa malah. Terlalu percaya sama yang namanya menjadi diri sendiri.

Rasa cuek terhadap perawatan diri sendiri bertambah ketika aku merasa dengan diriku yang seperti itu, tapi bisa dapet pacar atau gebetan hahaha. Rasanya itu cukup menjadi diri sendiri yang “natural” aja, toh udah ada yang mau. Plak! Statement ini ada salah. Selama lima tahun aku menggunakan statement itu, dan akhirnya aku tersadarkan. Kok bisa sadar? Iya, ceritanya waktu udah masuk bangku kuliah, aku tetep tampil biasa aja. Sesimple dulu. Senatural dulu. Terus aku buka foto-foto lama saat aku masih sekolah dulu. Disitu aku tersadar, kalau aku, kucel-dan-dekil. Kulitku hitam karena gak pake body lotion sedangkan aku kalau sudah terlanjur main bisa sampai ke bukit-bukit. Waktu SMA kemana-mana naik motor sendiri biasanya cuma pake jaket. Gak pake sarung tangan, apalagi masker. Bisa kebayang sinar UVA dan UVB masuk menembus kulitku yang gak aku lindungi. Mukaku belang di bagian pipi karena aku pakai kerudung. Jadi bagian muka yang gak tertutup sama kerudung kelihatan kusam banget karena polusi sehari-hari. Masih untung aku gak pernah punya sejarah jerawat yang parah. Bayangin aja, kulit yang gak terlindungi setiap harinya itu, gak pernah aku bersihin waktu mau tidur. Satu-satunya pembersih muka cuma air wudhu kalau mau solat. Debu, polusi, dan paparan sinar matahari, semua nempel di mukaku selama lima tahuuuuun!  Kurang cuek apa sama diri sendiri 😦

Sampai setelah aku melihat foto-fotoku jaman purba, aku memiliki tekat yang kuat untuk melakukan perawatan. Ditambah batin wanitaku yang berkata…

“Apa kamu merasa cukup menjadi itik buruk rupa di tengah angsa-angsa? Kalau bisa berubah menjadi merak kenapa tidak kamu lakukan dari sekarang?”-aii

Mulailah aku mengubah kebiasaanku. Aku mulai menanamkan investasi ke dalam diriku sendiri. Aku menginvestasikan uang jajanku sekitar 50% setiap bulannya untuk membeli produk-produk kecantikan, perawatan bagi kulit tubuh, dan kulit wajah. Semuanya yang aku butuh. Selain itu, aku mulai belajar tentang cara perawatan tubuh dan wajah dengan benar. Juga belajar tutorial make-up dan mengetahui kegunaan dari semua yang aku lakukan di kedepannya. Gimana caranya aku melakukan perawatan? Yuk simak 🙂

1. Jangan Tergoda Dengan Sesuatu Yang Instan
Kunci dari merawat diri adalah kesabaran. Jangan tertarik dengan krim-krim pemutih yang dapat memutihkan kulit dalam waktu seminggu. Semua krim pemutih pasti terdapat bahan kimia berbahaya di dalamnya, entah presentasenya besar maupun kecil. Cepet sih, tapi dampaknya? Kalau pemakaian diberhentikan, kulit bisa menjadi semakin hitam karena efek bahan kimia tadi, ada yang muncul merah-merah di sekitar wajah, bahkan jerawat parah akan bermunculan. Apalagi untuk ibu hamil, penggunaan krim-krim demikian sangat tidak dianjurkan karena akan berdampak pada janin yang dikandungnya.

2. Cuci Muka Minimal 2 kali Sehari
Adanya aktifitas diluar rumah maupun di dalam rumah, jangan lupa buat cuci muka minimal dua kali sehari. Tujuannya adalah agar wajah kita selalu bersih dari debu maupun dari minyak yang muncul dari kulit kita sendiri.

3. Jangan Lupa Pakai Pelembab Badan Maupun Muka
Penggunaan pelembab sangat dianjurkan. Aku biasanya selalu menggunakan pelembab untuk muka ketika aku selesai mandi. Tujuannya agar kulitku tidak kering setelah terkena air. Untuk penggunaan pelembab badan, bisa digunakan sesering mungkin karena pemakaian body lotion tidak ada efek sampingnya menurut dokter kulit.

4. Gunakan Sunscreen
Aku akhirnya selalu menggunakan sunscreen setelah pengaplikasian pelembab sebelum keluar ruangan. Aku gak mau lagi kulitku menghitam karena sinar UVA dan UVB bebas menembus kulitku. Apalagi kalau yang suka pantai ya, diwajibkan banget buat pake sunscreen kalau perlu yang SPFnya diatas 30.

5. Pakailah Make Up Walaupun Tipis
Aku dulu sama sekali gak pernah paham apa yang namanya make up sampai akhirnya aku tau kalau itu dibutuhkan. Akhirnya aku membiasakan diri pake make up tipis-tipis kalau cuma buat ke kampus atau main. Ternyata adanya make up di wajah kita agar polusi dan debu gak bisa langsung masuk ke pori-pori di kulit wajah kita. Aku biasa mengaplikasikan DD cream atau BB cream sebelum bedak. Kalau suka yang ringan ya pake DD cream, kalau suka yang agak berat dan lebih mengcover, silahkan pilih BB cream. Kalau ke kondangan, ya foundation plus concealler hehehe. Jangan lupa pakai lip gloss atau lip balm atau lipstick, biar gak pucet hehehe. Pemakaian make up sama sekali tidak disarankan kalau lagi stay di rumah yaa. Kasih waktu kulit buat bernafas jangan keterusan pakai make up.

6. Lulur Badan Seminggu Sekali
Lulur fungsinya adalah untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Kalau sel-sel kulit matinya keangkat rasanya itu jadi haluuuus banget hahaha. Jangan pakai sering-sering loh ya, nanti kulit bisa jadi kering.

7. Pakai Masker Alami Minimal 2 kali Seminggu
Karena budgetku minim dan aku gak mampu buat beli SK-II atau produk kecantikan yang harganya selangit, aku biasanya cukup pakai masker alami. Macem-macem sih sesuai sama bahan yang ada. Biasanya pakai madu+jeruk nipis dan ini adalah yang paling gampang dibuat. Kadang juga pakai oatmeal+madu. Sekarang sih lagi cobain kopi bubuk (aku pakai kopi bubuk murni yaituuu kapal api)+madu atau bisa ditambah minyak zaitun. Pamakaiannya emang harus berulang kali dalam waktu yang lama. Tapi hasilnya itu luar biasaaaa~ Aku udah melakukan hal ini sekitar 4 tahunan dan hasilnya gak ngecewain. Kalau pemakaian dihentikan, taraaaaaa~ tidak ada efek samping!

8. Kelengkapan Berkendara
Maksudnya buat yang kemana-mana pakai motor, jangan lupa buat selalu pake jaket, masker, sarung tangan, dan kaos kaki. Fungsinya adalah agar kulit kita terhindar dari segala sesuatu yang berbahaya diluar sana yang gak baik buat kulit kita.

9. Mandilah Sebersih Mungkin
Mandi bebek? Ya jadinya kayak bebek :p hehehe bercanda. Usahakan kalau mandi itu dibersihkan semua bagian tubuh sebersih-bersihnya ya. Mulai dari bagian yang terjangkau hingga yang susah dijangkau. Jangan lupa untuk membersihkan daerah-daerah penting seperti punggung, paha bagian dalam, daerah kewanitaan, dan ketiak.

10. Biasakan Bersih-Bersih Sebelum Tidur
Wajib hukumnya membersihkan diri sebelum tidur. Mulai dari ganti baju yang bersih, membersihkan make up, cuci muka, dan sikat gigi. Setelah melakukan ritual itu, biasanya aku tutup dengan megoleskan madu di bibir, menggunakan minyak zaitun ke seluruh muka sedikit aja, pakai lotion, dan mengoleskan vaseline petroleum di telapak kaki yang kemudian ditutup menggunakan kaos kaki.

11. Olahraga
Penting bagi semua orang yang menginginkan hidup sehat. Olahraga adalah investasi penting bagi tubuh kita.

12. Kontrol Asupan Makanan
Perbanyak buah dan sayur. Hindari makan makanan yang mengandung banyak minyak (goreng-gorengan) dan mengandung bahan kimia berbahaya, disini termasuk MSG ya.

13. Perbanyak Minum Air
Minimal sehari minum 2 liter air atau 8 gelas sehari untuk memenuhi kebutuhan tubuh kita. Tubuh manusia dewasa 60% terdiri dari air, jadi bisa dibayangkan seberapa penting peranan asupan air bagi tubuh kita.

Itulah kebiasaan-kebiasaan yang sudah bertahun-tahun aku lakukan. Ribet? Iya. Aku akui pada awalnya aku merasa ribet dengan semua itu. Tapi jika sudah dibiasakan, untuk meninggalkannya bakalan kerasa aneh. Seakan sudah menjadi kebutuhan. Kebiasaan-kebiasaan itu adalah bentuk dari perubahan diri dan cara untuk mencintai diri kita sendiri. Inget ya, bukan menjadi diri sendiri. Tapi mencintai diri sendiri. Karena mencintai diri sendiri adalah menjadi diri sendiri dengan melakukan perubahan baik setiap harinya^^ Kebiasaan baik ini buat investasi kita di masa depan, bukan sarana menggaet gebetan semata ya. Sekian dulu semoga bermanfaat. Yang dulunya ulat, selamat bermetamorfosis jadi kupu-kupu ya! Stay Gorgeous!

Leave a Reply

