Bebas

kata orang
setiap manusia bebas
untuk melukiskan takdirnya sendiri
tapi
terkadang aku tak sebebas itu menentukan pilihan
kata orang
aku bebas melakukan apa yang aku mau
tapi
tidak boleh melanggar hak
tidak boleh bepergian sendiri
tidak boleh pulang lebih dari jam dua belas malam
kata orang
aku bebas menentukan pilihan
tapi
harus sekolah tinggi
harus segera menikah
harus segera lulus
kata orang
aku bebas mencari kebahagiaanku
tapi
aku dituntut untuk bisa seperti dia
untuk seperti mereka
untuk seperti kalian
kata orang
aku bebas
itu hanya kata orang

Leave a Reply

