Apa yang Harus Dilakukan Seorang Gadis untuk Menjadi Perempuan Dewasa?

Diambil dari buku karangan Lois P. Frankel, Ph.D
Berjudul: Nice Girls Don’t Get the Corner Office (101 Kesalahan Perempuan yang Menghambat Karier Mereka)

Berikut ini adalah sebuah pendahuluan tentang apa yang harus dilakukan. Pelajari tahap demi tahap. Jangan mencoba menjalankannya semua secara bersamaan, karena Anda hanya akan memperoleh frustasi. Pilihlah salah satu atau dua hal untuk dilakukan, kemudian ulangi lagi dengan memilih lebih banyak.

Beri diri Anda sendiri kesempatan untuk berubah dari masa remaja menjadi dewasa. Walaupun terlihat sederhana, tapi hal ini adalah pentng. Renungkanlah baik-baik. Sadarilah bahwa Anda bukan hanya boleh tapi berhak untuk bertindak dengan cara yang mendorong Anda kea rah pencapaian sasaran. Cobalah mantra ini: “Saya juga berhk mendapatkan segala kebutuhan yang saya perlukan”.
Visualisasikan diri Anda seperti yang Anda inginkan. Bayangkan diri Anda berada pada sebuah peran yang Anda idamkan. Pertimbangkan perilaku yang Anda lakukan untuk mempertahankan kedudukan itu serta cara Anda menyikapinya. Wujudkan semua itu menjadi nyata.
Tentang semua suara penuh ketakutan yang ada dalam benak Anda. Ketakutan masa remaja Anda sering kali berkata, “Tapi nanti tidak ada yang senang dengan saya kalau saya berubah,” berikan suara perempuan dewasa Anda yang menjawabnya dengan, “Itu cerita lama. Mari ciptakan sesuatu yang baru, yang lebih kuat.”
Bungkus diri Anda dengan pembungkus transparan. Pembungkus transparan dirancang agar Anda dapat bercermin dan melihat sekeliling Anda tanpa mendapat pengaruh buruk dari orang lain.
Ciptakan visi. Tuliskan visi yang ingin Anda gambarkan, kemuadian tuliskan perilaku yang dapat menopang tercapainya visi tersebut. Tulis juga komentar yang ingin Anda dengan dari oranglain terkait dengan diri Anda dan tindak lanjutin dengan perbuatan yang spesifik.
Kenali Halangan. Jika Anda mendapati orang lain menolak usaha Anda untuk bertindak lebih tegas dan mempunyai lebih banyak kekuatan, terlebih respons mereka dirancang untuk membuat Anda tetap berada di posisi yang kurang berkuasa, daripada berdiam diri, katakanlah sesuatu seperti, “Sepertinya Anda tidak menyetujui apa yang saya katakana. Coba saya jelaskan alasan saya, sesudah itu mungkin Anda bisa jelaskan pendapat Anda mengenainya.”
Mintalah masukan. Jika Anda merasa tindakan Andan tidak tepat, mintalahmasukan dari seorang teman atau rekan kerja yang terpercaya. Hindari pengajuan pertanyaan yang memiliki jawaban ya-tidak. Ajukan pertanyaan terbuka yang memberi Anda pandangan mengenai bagaimana orang lain melihat Anda.
Jangan mencari kesempurnaan. Tidak perlu menjalankan semua yang ada dalam buku ini. Yang penting adalah menjalankan beberapa perilaku dengan sangat baik dan biarkan yang lain mengikuti dengan sendirinya.

Advertisements

One thought on “Apa yang Harus Dilakukan Seorang Gadis untuk Menjadi Perempuan Dewasa?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s