Evaluasi Diri

Diambil dari buku karangan Lois P. Frankel, Ph.D
Berjudul: Nice Girls Don’t Get the Corner Office (101 Kesalahan Perempuan yang Menghambat Karier Mereka)

Berdasarkan skala di bawah ini, tentukan kebenaaran setiap peryataan berikut bagi Anda. Lakukan sejujurnya, dengan mempertimbangkan apa yang Anda lakukan, pikirkan atau rasakan pada sebagian besar waktu atau situasi.
1 = Jarang benar
2 = Kadang kala benar
3 = Hampir selalu benar

1. Bagi saya, tidak apa-apa memebelokkan aturan selama mendatangkan hasil.
2. Bagi saya, tidak masalah jika ada orang yang tidak senang kepada saya walaupun saya sudah berusaha keras membina hubungan.
3. Saya menetapkan sasaran-sasaran realistis mengenai seberapa banyak yang bisa saya capai dalam sehari.
4. Saya mampu mengatakan kepada Anda dalam tiga puluh detik atau kurang bagaimana saya berharga bagi perusahaan saya.
5. Saat mengatakan suatu hal yang penting, saya tidak tersenyum untuk memperhalus.
6. Kalau punya pendapat, saya mengatakan dengan terus terang dan bukan sebagai pertanyaan.
7. Saya mengenali kalimat-kalimat yang mengkritik dan membiarkan orang lain mengetahui bahwa saya tidak menghargainya.
8. Saya tidak mau dipersalahkan dan mengambil tanggung jawab atas kesalahan-kesalahan orang lain.
9. Saya bukan tipe yang mau meminta maaf atas sebuah kesalahan yang berdampak kecil.
10. Kalau diberi tenggat waktu yang tidak masuk akal, saya melakukan tawar menawar untuk waktu yang lebih realistis.
11. Kalau kerja saya yang sangat baik tidak mendapat perhatian orang, saya sendiri yang akan membuatnya menarik perhatian.
12. Kalau duduk di ruang rapat, saya meletakkan siku tangan diatas meja lalu bertopang di atasnya.
13. Saya merasa nyaman dalam keheningan.
14. Saya yakin saya sama pintarnya dengan orang lain.
15. Saya mempunyai pendirian kuat meskipun hal itu akan membuat orang lain cemas dan tdak tenang.
16. Saya tidak terlalu senang menceritakan terlalu banyak masalah pribadi di kantor.
17. Saya merencanakan segala sesuatu sebelum terjun ke dalamnya.
18. Saya secara aktif mencari tugas baru yang akan membantu saya mengembangkan bakat.
19. Saya sudah menemukan gaya rambut yang sesuai dengan usia dan posisi saya.
20. Pesan verbal saya tajam dan singkat.
21. Saya menolak dengan halus kalau harus membuat notulen pada lebih dari satu rapat.
22. Saya tidak merasa bersalah kalau prioritas saya mengesampingkan orang lain.
23. Saya tidak merasa terganggu kalau apa yang saya katakana menyinggung perasaan orang lain.
24. Saya meminta bantuan pada orang yang pernah saya beri perhatian atau bantuan khusus.
25. Saya menawarkan diri untuk satu pekerjaan yang akan menunjukkan kemampuan saya kepada manajemen senior.
26. Saya mengenakan aksesori sebagai pelangkap busana saya.
27. Suara saya keras dan jelas.
28. Kalau ada orang yang memperlakukan saya dengan kurang baik, saya menunjukkan perasaan saya kepadanya.
29. Atas kemauan sendiri, saya meluangkan waktu untuk mengobrol dengan rekan-rekan kerja.
30. Saya tidak punya masalah dalam mengajukan kenaikan gaji jika saya merasa layak untuk mendapatkannya.
31. Meskipun sangat sibuk, saya menghadiri rapat-rapat yang menurut saya bisa menjadi ajang unjuk kebolehan saya.
32. Paling tidak sebulan sekali saya meminta masukan dari orang lain.
33. Saya menyiapkan diri untuk menghadapi pekerjaan yang saya inginkan, bukan yang saya miliki.
34. Saya tidak menggunakan kata sandang (seperti, sejenis, dan semacamnya).
35. Saya adalah satu di antara orang pertama yang berbicara dalam rapat.
36. Jika saya kurang yakin dengan apa yang dikatakan orang lain, saya akan mengajukan pertanyaan untuk memastikan kebenaran.
37. Saya terlalu memberi jabatan tangan yang tegas untuk menunjukkan bahwa saya orang yang serius.
38. Saya tidak membatalkan rencana pribadi yang telah dijadwalkan terlebih dahulu karena pekerjaan.
39. Kalau orang lain mengulang sebuah ide yang sudah lebih dulu saya kemukakan, saya dengan cepat mengalihkan perhatian agar orang lian tau darimana ide itu berasal.
40. Saya tidak pernah mengoles lipstik atau menyisir di muka umum.
41. Saya berbicara dengan pelan, memanfaatkan seluruh waktu yang saya perlukan untuk dapat mengekspresikan diri saya sepenuhnya.
42. Saya punya rasa percaya diri yang tinggi.
43. Saya tidak meminta izin untuk menggunakan uang perusahaan bagi keperluan yang saya anggap penting.
44. Ruang kerja saya rapi dan teratur.
45. Saya tidak membiarkan orang lain menghabiskan waktu kerja saya.
46. Kalau perkerjaan saya dinyatakan bagus, saya menyampaikannya kepada atasan saya.
47. Saya menatap langsung mata orang yang saya temui pertama kali.
48. Saya tahu arti ROI.
49. Saya tahu saya cakap dalam pekerjaan yang saya tangani.

Penilaian evaluasi dalam mengetahui:
1. Skor Anda dalam memainkan pertandingan, maka jumlahkan poin nomor 1, 8, 15, 22, 29, 36, 43.
2. Skor Anda dalam bertindak, maka jumlahkan poin nomor 2, 9, 16, 23, 30, 37, 44.
3. Skor Anda dalam berpikir, maka jumlahkan poin nomor 3, 10, 17, 24, 31, 38, 45.
4. Skor Anda dalam memasarkan diri, maka jumlahkan poin nomor 4, 11, 18, 25, 32, 39, 46.
5. Skor Anda dalam tampil agar terlihat, maka jumlahkan poin nomor 5, 12, 19, 26, 33, 40, 47.
6. Skor Anda dalam berbicara, maka jumlahkan poin nomor 6, 13, 20, 27, 34, 41, 48.
7. Skor Anda dalam merespons, maka jumlahkan poin nomor 7, 14, 21, 28, 35, 42, 49.
8. Jumlahkan total skor Anda secara keseluruhan.

Interprestasi:
Lingkari dua skor tertinggi Anda. Ini adalah dua area tempat Anda merasa paling nyaman mengambil tindakan yang menolong Anda meraih sukses dengan perilaku yang positif, percaya diri, dan kompeten. Kedua skor ini adalah kekuatan terbesar Anda dalam mencapai sasaran karier, jadi teruslah menyandang perilaku ini walaupun mungkin banyak orang yang menginginkan Anda menguranginya.

Lingkari dua skor terendah Anda. Ini adalah area tempat Anda mengalami kesulitan terbesar untuk melepaskan diri dari ciri-ciri perilaku feminin. Untuk mengetahui lebih banyak terkait bagaimana Anda dapat menyelaraskan kekuatan Anda dengan perilaku itu, silahkan baca disini dan cari poin yang terkait.

Interprestasi total skor:
49-87 : Anda bersosialisasi dengan orang yang mungkin tidak menolong Anda mencapai sasaran target karier Anda. Perhatikan dengan seksama pertanyaan-pertanyaan yang Anda beri nilai 1—Anda nyaris menyabot karier Anda sendiri.
88-127 : Anda bisa berhasil dengan sedikit bergani fokus. Berfokuslah pada area tempat Anda mengalami kesulitan mengubah perilaku stereotip. Anda akan mendapati bahwa perubahan kecil memberikan hasil besar.
128-149 : Usaha Anda dalam melawan perilaku yang terbentuk sejak remaja dan dapat melakukan sabotase dalam karier Anda sangatah bagus. Pertahankanlah—pasti hasilnya memuaskan.

One thought on “Evaluasi Diri

Leave a Reply

